Bharega Sukses Mengadakan First Aid Invitation II

Diharapkan dengan evaluasi dalam Klarifikasi Besar, BFAI II benar-benar mampu menjadi kawah candradimuka relawan-relawan masa depan Indonesia.

Minggu, 16 Mei 2010. SMA Negeri 1 Purbalingga ramai didatangi oleh siswa siswi SMP berseragam PMR dari Kabupaten Purbalingga . Kedatangan mereka tak lepas dari motivasi mereka untuk menjuarai event besar Bharega yang diadakan setiap dua tahun sekali . Ya, Bharega First Aid Invitation kembali digelar. Bharega First Aid Invitation merupakan sebuah lomba kepalangmerahan yang memperlombakan materi Pertolongan Pertama dan Perawatan Keluarga baik secara teori dan praktek. Penyelenggaraan kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan tiap pangkalan dan sebagai barometer keberhasilan pembinaan PMR Madya di tiap pangkalan di Kabupaten Purbalingga. Bharega, sebutan familiar dari PMR Wira SMA N 1 Purbalingga kembali menyelenggarakan kegiatan ini untuk yang kedua kalinya di tahun 2010 (sebelumnya acara ini diberi nama Bharega Firsat Aid Competition). Penyelenggaraan BFAI II ini adalah sebagai pemenuhan komitmen menjadikan kegiatan ini sebagai agenda reguler yang dipatok diadakan 2 tahun sekali. Acara yang bertema “Tunjukkan Prestasimu, Bangun Katrakter Sosialmu, Buktikan PMR-mu” diawali dengan daftar ulang oleh masing-masing pangkalan. Kemudian semua peserta berikut pembinanya berkumpul di Aula SMA N 1 Purbalingga. Aula SMA N 1 Purbalingga kini penuh oleh 25 tim peserta lomba dimana satu timnya terdiri dari 3 peserta PP, 2 peserta PK, dan seorang pembina damping.

Kepala Dinas Pendidikan menuturkan bahwa pembangunan karakter bangsa saat ini sangat dibutuhkan, beliau menyatakan apresiasi dan dukungannya pada acara ini sebagai salah satu media pembangunan karakter, bilamana perlu pengadaan kegiatan serupa dapat diperbanyak frekuensinya karena semakin banyak even akan semakin banyak pengembangan karakter yang dilakukan.

Upacara pembukaan BFAI II berlangsung meriah, dihadiri juga oleh tamu-tamu undangan yang terkait dengan event ini, diantaranya adalah; Kepala Dinas Pendidikan, Bpk. Heny Ruslanto, Ketua Pengurus Cabang PMI Kab. Purbalingga, yang diwakili oleh Bpk. Suyitno dan perwakilan-perwakilan dari Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Kesehatan, Direktur BPR Syariah Buana Mitra Perwira, Kepala Sekolah SMA N 1 Purbalingga beserta para Waka. Acara dibuka dan dimeriahkan dengan lantunan lagu mars PMI dan mars PMR yang dibawakan oleh Gita Suara Bharega. Ssambutan pertama dari Kepala Sekolah SMA N 1 Purbalingga sebagai pelindung event BFAI II kemudian Sambutan Ketua Pengurus Cabang PMI Kabupaten Purbalingga yang diwakili oleh Wakil Ketua II Bpk. Drs. Suyitno. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan menuturkan bahwa pembangunan karakter bangsa saat ini sangat dibutuhkan, beliau menyatakan apresiasi dan dukungannya pada acara ini sebagai salah satu media pembangunan karakter, bilamana perlu pengadaan kegiatan serupa dapat diperbanyak frekuensinya karena semakin banyak even akan semakin banyak pengembangan karakter yang dilakukan. Perlombaan diawali dengan perlombaan teori dalam bentuk pengerjaan soal yang diberikan dalam waktu 30 menit. Dilanjutkan sesi praktek baik Pertolongan Pertama dan Perawatan Keluarga. BFAI II 2010 sengaja menghadirkan juri independen dari berbagai kalangan pegiat KSR sebagai upaya menjadikan event ini mempunyai kredibilitas tinggi. Juri-juri tersebut berasal dari 2 orang KSR PMI unit Universitas Jend Soedirman, 1 orang KSR PMI unit Politeknik Kesehatan Negeri Purwoketo dan 1 orang KSR PMI unit Stikes Al Irsyad Cilacap.

Acara ini tidak hanya mempunyai sasaran pada siswa-siswi SMP yang mengikuti lomba, tetapi juga para pembina dari masing-masing pangkalan. Sembari menunggu anak didiknya berlomba, para pembina mendapatkan penyuluhan dari PMI mengenai pandemi Influenza.

Sebagai evaluasi, panitia BFAI II melengkapi kegiatan ini dengan klarifikasi besar. Setelah berlomba, semua jawaban baik dari perlombaan teori maupun praktek disepahamkan dengan konsepsi juri sehingga para peserta mengetahui bagaimana jawaban yang benar. Diharapkan dengan evaluasi dalam Klarifikasi Besar, BFAI II benar-benar mampu menjadi kawah candradimuka relawan-relawan masa depan Indonesia. Upacara penutupan dimulai. Pada saat inilah pembacaan pemenang hasil lomba dibacakan. Sebagai Juara 1 PP adalah SMP N 3 Purbalingga, Juara 2 PP adalah SMP Istiqomah Sambas, Juara 3 PP adalah SMP N 1 Purbalingga, Juara 1 PK adalah SMP N 3 Purbalingga, Juara 2 PK adalah SMP N 3 Kalimanah, Juara 3 PK adalah SMP N 1 Purbalingga, dan sebagai juara umum adalah SMP N 3 Purbalingga. Sebagai catatan SMP N 3 Purbalingga kembali menjadi juara umum untuk kedua kalinya setelah Tahun 2008 pada BFAC I. Untuk Juara 1 PP dan PK mendapatkan tropi dari Dinas Pendidikan, juara 2 PP dan PK mendapatkan tropi dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, juara 3 PP dan PK mendapatkan tropi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, dan untuk Juara umum mendapatkan Tropi bergilir Bupati Purbalingga dan Tropi tetap Ketua Pengurus Cabang PMI Kab. Purbalingga yang diserahkan oleh Pengurus Cabang PMI Kab Purbalingga Rukmawan Suci L. S,E . See You Again In Bharega First Aid Invitation III Tahun 2012……………………..

Hera A. Utami

Anggota aktif Bharega XVIII

4 thoughts on “Bharega Sukses Mengadakan First Aid Invitation II

  1. waaah… di edit mas vico jadi bagus deneng.. hehe..

    (walau sempet diprotes temen” gara gara salah nulis “kelapa sekolah”)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s