Sepenggal Kisah perjuangan panitia Bharega First Aid Invitation

Berawal dr kepercayaan bahwa kita MAMPU, dan memang sudah seharusnya di tahun ke 18 ini diselenggarakan kembali Invitasi Pertolongan Pertama PMR Tingkat Madya se-Kabupaten Purbalingga untuk yg kedua kalinya, kami, Bharega 18 memberanikan diri kami untuk menyelenggarakan even besar ini.

Kita mulai kisah kita..

Langsung ke penyusunan panitia. Ketua panitia diperoleh dari hasil musyawarah ketua ketua panitia terdahulu yg kemudian memunculkan 3 nama, setelah itu ketiganya di uji dengan sebuah soal ringan yang kemudian memunculkan satu nama.
Untuk menyusun panitia benar benar butuh proses karena ini bukan ajang main-main. Ini adl ajang pembuktian bahwa panitia ini harus layak untuk menyandang gelar Profesional. Mencari tempat yang layak untuk 28 anak dengan karakternya masing masing, akhirnya diperoleh pula sebuah susunan panitia yang menurutku merupakan susunan panitia paling ideal yang dimiliki Bharega 18,,

Penanggung jawab: Rahardika Nur P
Ketua Panitia: Hera Amalia utami
Wakil Ketua: Chilman Taris Azinuddin
Sekretaris: Istiqomah Tya DP, Fika Dwi R, Dwi Justitia A
Bendahara: Dwi Inayah R, Hasvi Lestyarina
Sie Usaha Dana: Ratri Penny A, Herlina Ristanti, Dita Wulandari, Ninda Mustika K
Sie Acara: Nadiya Wahyu C, Margi Purbasari, Meilia Kusuma W
Sie PubDekDok: Yulisna Gita H, Jayanti Ayu P
Sie Perkap: Laksana P W, Drajat Jiwandono, Nugrahita Putri, Nur Izzah S
SIe Konsumsi: Anita Yuniar, fatihah Nida
Sie Kegiatan: Arvitasari O, Arifa Nisrina A, Daning Chandra P
Sie P3K: Salasatun A, Kurnia P
(Dibacakan pada tgl 27 Februari 2010, bertepatan dengan ultahnya Rara)

Setelah ini semua mulai bekerja. Sang sekretaris mulai merangkai kata proposal. kami mulai menyusun tema, didapat “Tunjukkan Prestasimu, Buktikan PMRmu”. Lalu kami memilih sebuah logo gajah kecil nan lucu dan imut, dibalut dan di plester, yg plg aku suka darinya adl “matanya yg berbinar jenaka”. hingga pada akhirnya kami berhasil menggores semua lembar pengesahan pd tgl 5 April 2010.

Membuat surat Rekomendasi. Itu tgs kami selanjutnya. Waktu kami banyak berkurang. Untuk mengurus Kemah Tahunan yg jg merupakan agenda kita, dan datangnya UTS yg tiba”.. Kami korbankan sedikit waktu kami disela sela ujian kami untuk bolak balik ke dinas demi rampungnya tugas ini. memang pada akhirnya berhasil kami selesaikan dg waktu yg agak tertunda, tgl 13 April kami menyelesaikannya.

Ini waktunya kami untuk membuat surat permohonan pengiriman delegasi SMP” se Pbg. Mengeprint 45 lembar surat, menyiapkan lampirannya, dn berharp dapt menyelesaikan semua dlm waktu sesingkat singkatnya. Bertempat di rumah salah satu saudara kami, fika, hingga azan maghrib berkumandang berusaha menyelesaikan sebisanya. Hari Rabu, Hari Kartini, hari ini kami menyiapkan semua surat itu, menyetempel, mengeklip, mengepak dan mengamplopi. Dlm waktu singkat kami berhasil menyelesaikanny, dg KERJASAMA & KERJA BERSAMA. Kami bergegas menuju kantor pos, keberuntungan masih berpihak, hanya tersisa satu loket yg terbuka, unutnglah kami diterima.
Perjuangan kami utk mendapatkn peserta tdk berhenti disitu. Dengan bermodal sedikit nekat & kemampuan bicara yg pas”an kami beranikan diri utk menelepon pembina” PMR. Dengan gaya ala sales, dg nada yg semanis mungkin, & dg kesabaran kami sdh merasakan ditanyai macam macam, tdk di respon, salah sambung, sampai penolakan. Kami merasakannya, manis.

Ini dia, pusat kesibukan. Waktunya MENCARI DANA. Semua adl Usdan, kami berusdanria Kesana kesini. pulang sekolah aura UKS berubah seketika mjd aura kerebyekan, keributan, dan kesibukan. Berkeliling merasakn pengalaman baru. Ada yg pulang dengan wajah kecewa, ada yang pulang dengan bersorak, ada pula yg pulang dg bingung??? kami belajar untuk berbesar hati disini.. Hingga akhirnya kami mendapt hasil yg maksimal, & kami berhasil membuktikan teori “Sedikit Demi Sedikit Lama Lama jadi Bukit”.

Kami memulai perjalanan dinas kita.. Ke dinas ini ke dinas itu.. Hanya untuk memohon bantuan sebuah tropi.

Technical Meeting. suatu pra acara yg sangat penting. Malam sebelumnya kami berusaha menyulap aula yg semula seperti tempat sampah, menjadi tempat yg layak dan representatif untk menyelenggarakan acara formal, walau harus hingga larut kita menyelesaikannya… KALIAN HEBAT TEMAN TEMAN!! Pd pelaksanaanny semua masih mampu kami handle dengan keterbatasan kita.

Kini sudah saatnya menghitung hari.. Persiapan semakin padat. Aku bilang ini adalah panitia yang nekat. Sebelum pelaksanaan kami belum sempat untuk Pleno, bahkan brifing sblm pelaksanaanpun tdk. Aku blm sempat mengecek kesiapan perdivisi utk acara ini, tapi aku percaya kalian bisa. Buktinya hari H semua bisa melaksanakan tugasnya masing-masing, kalian CERDAS kawan…
Hari sabtu, H min 1.. Semua merasa dag dig dug menunggu datangnya hari. semua menyiapkan hingga larut, pasang spanduk, nata tempat, siapin alat, lat paduan suara, siapin semua kelengkapan utk kesuksekan yg di nanti.

Minggu, 16 Mei 2010. Tidak sesulit yg kami bayangkan, tapi tidak pula semudah yang kami pikirkan. Upacara pembukaan yg mendebarkan. Waktu dimana pejabat pejabat penting berkumpul hanya utk menyatakan kepedulian mereka pd acara ini. Kami berusaha sebisa kami. Bolak balik sana sini, siapin administrasi, konsumsi, de el el. Sang Perkap menunjukkan aksinya. Kegiatan sibuk dg soalnya, acara sibuk beradu dg microphone, konsumsi mulai mondar mandir menyiapkan makanan, dan pubdekdok memulai aksi potret memotret. Semua sibuk, semua mondar mandir, semua lelah tapi semua itu berakhir dengan satu kata, SUKSES. Hingga upacar penutupan walau kami masih menemui hambatan di sana sini, kami terus bergerak, hingga akhirnya penyerahan tropi kejuaraan. Semua bersorak, termasuk kami. Kami bersorak bukan karena kami berhasil mengalahkan tim lain, tapi karena kami berhasil mengalahkan Hari Ini.

Seusai acara. Kami sibuk berbenah. malam itu kami berkumpul untuk berbagi rasa. Di UKS tercinta, dengan di temani pencahayaan yg seadanya. kami menumpahkan segalanya, senang dan bangga. Itu yang kami rasakan.

TERIMAKASIH SEMUANYA….
PADA AKHIRNYA MEMANG KITA BERHASIL MEMBUKTIKAN, WALAU KITA HANYA BER28, TAPI KITA BS JD YG TERBAIK.
SATU HAL YG TDK AKN PERNAH AKU LUPAKAN…
“PERSAUDARAAN DENGAN KALIAN”

by: Hera Amalia Utami

BHAREGA 18

2 thoughts on “Sepenggal Kisah perjuangan panitia Bharega First Aid Invitation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s