Sebuah BHAREGA PURNA…

Minggu, 12 September 2010/ 3 Syawal 1431 H di Purbalingga pada jam 10.45 WIB menjadi sekuel berikutnya untuk menyempurnakan sebentuk bangunan indah yang telah dibangun, dijaga, dirawat dan dipercantik selama hampir 9 tahun.
Ya..9 tahun cukup untuk menyiapkan sebuah landasan kuat, dan terstruktur masif, dengan pernik dan ornamen yang menarik meski sempat ada noda, goresan dan percikan lumpur yang sengaja dibuat dan dioleskan dibangunan ini oleh beberapa (eks) penghuninya.
Bharega Purna Wisesa telah menjadi sebuah wadah dan rumah besar bagi alumnus PMR SMA N 1 Purbalingga dengan Yayasan Bharega Purna Wisesa Center berdasar Akta Notaris Nomor 14 Tanggal 27 Mei 2010 dan terdaftar di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Purbalingga Nomor 01/N-LS/2010 tertanggal 1 Juli 2010.
Bharega Purna Wisesa saat ini mempertegas konsistensi dengan kondisi lebih tertata, dengan situasi lebih membumi dan dengan warna lebih terang dan menyala.
Bharega Purna merupakan ikatan batin alumni Bharega, ikatan alumni anggota Ekstra Kurikuler Palang Merah Remaja (PMR) SMA Negeri 1 Purbalingga yang memulai kegiatan di lingkungan sekolah pada tahun 1990/1991 dan membentuk pengurus pada 19991/1992. Bharega Purna mulai memunculkan generasi awal pada tahun 1993 sampai dengan hari ini 2010.

Sudah17 generasi Bharega Purna ? angka yang sangat bermakna dan mengesankan. 17 tahun adalah batas, adalah penanda dan adalah titik belok. Sehingga bukan sebuah kebetulan yang disengaja, tapi itu sudah menjadi takdir sejarah, bahwa pada akhirnya digenerasi alumni ke 17, Bharega Purna bisa membentuk diri dengan lebih elegan, visioner dan membumi.
Kenapa tidak terbentuk pada usia ke 11, ke 12 ke 15 atau ke 16.?? Wallahu’alam bissawab. Allah SWT, Tuhan YME berkehendak lain,..ternyata sebelum terbentuk dengan sangat indah ini, Bharega Purna pun telah diberikan sebuah Anugerah berupa Uji Publik dan Uji Opini dikalangan Bharega Purna.
Kalimat gugatan, cercaan, menyangsikan, opini meragukan keberadaan sampai mencoba untuk membelokkan opini dan memecah belah persaudaraan muncul hampir bersamaan dengan intensitas yang cukup sering oleh beberapa teman yang diberikan kelebihan berupa kemampuan memutarbalikkan kalimat dan memberikan ’pendapat sepihak’.
Beruntunglah kita semua, keluarga besar Bharega Purna, bahwa meski kondisi pembelokkan opini sekarang masih terus berlangsung namun niatan awal kita semua untuk terus bergandengan tangan, merapatkan barisan dan menguatkan niatan untuk berusaha membangun ’ rumah besar tempat kembali bagi alumni Bharega’ terus menguat dan mengeras dalam hati dan kalbu.
Pada akhirnya di usia yang ’sweet’ ini, mewujudlah Bharega Purna menjadi bagian dari masyarakat inteletual Purbalingga, yang siap untuk menorehkan tapak-tapak cerita dan sejarah pengabdian di masyarakat. Karena sejatinya dengan segala kerendahan hati, kita semua yang telah lulus dan menjadi alumnus Bharega adalah masyarakat, orang kebanyakan, bukan siapa-siapa lagi. Kita hanyalah sekelompok mantan siswa SMA N 1 Purbalingga, serombongan mantan anggota Bharega PMR SMA N 1 Purbalingga, yang saat ini sedang-sekali lagi-sedang mencoba untuk terus berkomunikasi menyambung silaturahmi, menyambung persaudaraan, menggabungkan potensi diri dan mencoba untuk bisa memberikan sedikit sumbangsih kita semua untuk masyarakat, untuk diri kita, untuk sekolah dan pada akhirnya nanti adalah memberikan sumbangsih kita yang paling baik yang kita mampu untuk perkembangan Bharega dan keluarga besar Bharega Purna, hari ini, besok, tahun depan dan sampai kapanpun kita mampu dan mampu untuk terus dan terus bergandengan tangan untuk mencoba membangun peradaban yang paling baik yang bisa bisa kita dirikan.
Selamat untuk Bharega Purna…Selamat Bekerja… dan Selamat bergabung dengan Masyarakat…Jayalah selalu Bharega Purna, Jayalah selalu nilai-nilai persaudaraan dan kemanusiaan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s