What, When, Which, Who, and How BHAREGA PURNA WISESA (BPW)

Bharega Purna Wisesa pada awalnya merupakan sebutan yang dimunculkan diawal-awal lahirnya para alumni ekstra kurilkuler PMR SMA N 1 Purbalinga.

Sebutan itu bertujuan untuk menyatukan emosional, ikatan batin dan Romantic History para pelaku kegiatan PMR SMA N 1 Purbalingga, yang telah mulai ada sejak tahun 1993 dengan lulusnya Bharega angkatan pertama dengan ketua Rukmawan SL.  Sebutan itu makin akrab dikenal karena terus disosialisasikan oleh para alumnus yang pada tahun-tahun berikutnya mulai berada diberbagai kota di Indonesia untuk meneruskan studi.

Ikatan kekeluargaan ini terus berkembang sampai dengan angkatan 1999 yang berarti telah ada 7 generasi alumnus, dimana pada tahun ini diniatkan untuk menjalin komunikasi intensif dan saling berbagi alamat sekolah dan tempat kos.

Tujuan awal kegiatan ini sangatlah sederhana, para alumnus ingin menjadi ”kakak” bagi para Bharega yang lulus dan akan meneruskan kuliah di PTN/PTS favorit masing-masing.  Para BPW ini dikoordinasikan untuk menyediakan diri dan mengikhlaskan diri menjadi narasumber bagi para Bharega yang akan kuliah untuk informasi kota dan PTN/PTS yang akan dituju.

Termasuk juga mengikhlaskan diri untuk menjadi tempat transit sementara bagi mereka yang akan ujian masuk mahasiswa baru (UMPTN/SPMB).

Langkah berikutnya dengan koordinasi dari Purbalingga, para alumnus yang berada di kota lain menyebut dirinya sebagai korwil BPW.

Pada tahun 2000 mulai muncul istilah BPW Korwil Purwokerto, Korwil Jakarta, Korwil Semarang, Korwil Solo, Korwil Yogyakarta, Korwil Surabaya dan Korwil Jember dengan beberapa kota terdekat menggabung dengan Korwil yang sudah ada.

Pada tahun 2001 bersamaan dengan peringatan Satu Dasawarsa (10 Tahun Bharega ), para alumnus mencoba mengabdikan diri membantu pelaksanaan peringatan ini menjadi lebih meriah dengan membantu melaksanakan kegiatan Satu Dasa Warsa Bhrega yang dilaksanakan tanggal 21 Desember 2001 di Hotel Kencana.

Untuk  pertama kali, hampir 75 % para alumnus bisa dikumpulkan dalam satu tempat dan satu waktu dengan kemeriahan khas dan kehangatan yang sangat berbeda.  Banyak cerita terlontar, banyak pengalaman hidup dibagai dan banyak cerita sukses muncul ke permukaan.  Luaar biasaa..

Berangkatr dari itulah BPW semakin mengemuka  dan mulai dikenal dilingkungan luar.  Pihak sekolah pun mulai memberikan apresiasi positif atas kemunculan teman-teman alumni di kegiatan-kegiatan Bharega.  Apresiasi positif itu bukan tanpa alasan, yang menjadi tolok ukur adalah bahwa kedatangan para alumnus memberikan pengaruh yang bagus bagi kelancaran kegiatan Bharega dan menjadi percontohan bagi laumnus ekstra kuriluer lain di lingkungan SMA N 1 Purbalingga.  Dimulai dengan sering datangnya alumnus tahun 1993 Rukmawan SL, setelah lulus tahun 1993 selalu datang untuk melatih pengetahun kePMRan kepada Bharega saat latihan rutin setiap hari sabtu dan menjadi pelatih pada latihan rutin dan setiap lomba yang diikuti Bharega sampai dengan hari ini.  Diikuti oleh beberapa alumnus yang bersedia mendampingi Bharega saat latihan.  Beberapa diantaranya adalah Hanif AM ( Alumnus 1995), Maya Rosmaliyanita (2002), Tri Adi Nugroho (2004) dan Dede Yunianto (2004).

Kelanjutan dari tahun 2001, muncullah keinginan untuk mengadakan kegiatan reuni alumni yang lebih besar lagi pada saatnya nanti.

Tahun 2003 sampai 2005 dijadikan sebagai pemanasan untuk mengadakan kegiatan yang tersebut, yang akhirnya pada tahun 2006 muncul kegiatan Bharega Purna Geger 2006 yang dilaksanakan di aula SMA N 1 Purbalingga pada tanggal 26 Oktober 2006.  Kegiatan besar yang diadakan ini, memunculkan Formatur untuk pembentukan Yayasan Bharega Purna Wisesa sebagai tindak lanjut dari pertemuan tersebut.  BPW ingin bahwa acara kumpul-kumpul yang diadakan pada akhirnya akan menjadi stimulan untuk mengadakan kegiatan yang positif dan berdaya dukung bagai kemajuan teman-teman dalam keluarga besar Bharega Purna di masa yang akan datang.  Tidak hanya datang, berkangen dan selesai.  Datang, makan-makan dan selesai.

Dan akhirnya meski ada riak yang muncul, goresan sejarah yang muncul tetap terus berjalan dan terus menapaki niatan luhur untuk membuat sebuah rumah besar tempat untuk para Bharega Purna bersumbangsih bagi kemajuan bersama.

Dan saat ini, kita semua patut bersyukur dan makin merapatkan niat dan kerja kita untuk sebuah lembaga yang kita bangun,  BHAREGA PURNA WISESA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s