Animasi Tsunami Mentawai Oktober 2010

Perbedaan Gel Tsunami dan Gelombang biasaWalaupun status tsunami di Mentawai dicabut (diakhiri) oleh BMKG bukan berarti tidak ada tsunami yang melanda daerah sekitarnya. Kenayataan dibawah ini menujukkan modeling atau animasi bagaimana tsunami terjadi di Mentawai.

:( “Whaduuh. Pakde Pripun niku kok kelewatan lagi ?”

:D “Memprihatinkan thole. WASPADA adalah setelah mengurusi Wasior, mengamati webcam Gn Merapi sambil mendengarkan gempa Mentawai di berita radio di dlm mobil yg terjebak macet-banjir di Jakarta”

Animasi dibawah ini menunjukkan bahwa tsunami terjadi hanya dalam waktu yang sangat singkat mencapai pantai barat Mentawai.

Modeling atau animasi ini dilakukan oleh The Global Disaster Alert and Coordination System. Menunjukkan ketinggan gelombang maksimum sekitar 3 meter. Namun ada yang melaporkan ketinggian hingga 6 meter. Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah, apakah mungkin tsunami ini juga “dibantu” adanya longsoran bawah laut ?

Perbedaan Gel Tsunami dan Gelombang biasa

Ketinggian tsunami ini memang kecil dibawah 1 meter, namun seperti yang digambarkan dibawah ini, walaupun hanya sekitar 1 meterpun maka kekuatannya yang menyapu ini akan mampu menyeret serta menghancurkan bangunan.

Tsunami ini telah dilaporkan merenggut jiwa bahkan dikabarkan 9 Warga Australia hilang ketika terjadi tsunami.

Jadi perlu diperhatikan sebagai pembelajaran bahwa tsunami jangan buru-buru dicabut (diakhiri). Terutama sebelum ada formal laporan dari daerah yang terdekat. Hal ini diperlukan oleh tim penyelamatan serta bantuan.

Sumber http://www.gdacs.org/ The Global Disaster Alert and Coordination System

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s