BHAREGA PURNA Kirim Pengurus BHAREGA ke Seminar Nasional ”HUKUM PERIKEMANUSIAAN INTERNASIONAL (HPI) ”

Salah satu bentuk sumbang karya dan pembinaan BPW kepada Bharega adalah memperkaya taraf keilmuan dan pengetahuan yang terkait dengan Ke-BHAREGA-an yang tentunya adalah materi-materi Ke-PMI-an, Ke-PMR-an dan materi remaja yang memang di kurikulumkan oleh Pengurus Pusat PMI di bawah kepemimpinan Drs. H. Jusuf Kalla.
Hari Minggu tanggal 12 Desember 2010 kemarin, BPW mengirimkan 3 Bharega untuk mengikuti Seminar Nasional Hukum Perikemanusiaan Internasional (HPI)dengan tema ”Pelanggaran Hukum Perikemanusiaan Internasional dalam Konflik Israel Palestina (Analisis Strategi dari Segi Kemanusiaan)” di Gedung ROEDHIRO Universitas Jenderal Soedirman, yang menghadirkan 3 Pembicara yaitu :
1. Prof. DR. Adji Samekto, SH, Mhum ( PMI Provinsi Jawa Tengah).
2. H. Isplansius Ismail, SH, M.Hum ( Konsultan HPI di IFRC/International Federation of Red Cross and Red Crescent, Jenewa Swiss ).
3. dr. Arif Rahman (Relawan MER-C yang ikut dalam tragedi Kapal Bantuan MAVI MARMARA Turki di Jalur Gaza Palestina 2010).
Pengiriman delegasi Bharega yang terdiri dari Vina Annisa Diena, Risa Tri Anggraeni dan Hanna Imamah ini atas biaya yang sepenuhnya dari BPW dan didampingi oleh Mas Dede dan Mas Wawan selaku Pembina Damping.
Sekedar mengingatkan bahwa Tragedi Kapal MAVI MARMARA adalah tragedi penyerangan kapal berbendera Turki yang membawa bantuan bagi warga Palestina di jalur Gaza yang diblokade Tentara Zionis Israel. Penumpang kapal adalah para relawan dari berbagai Negara antara lain Turki, Jerman, Inggris, Pakistan dan Indonesia yang mendapat perlakuan sangat melanggar HPI karena merupakan orang sipil tidak bersenjata yang diserang oleh militer Israel. 2 orang dari Indonesia terluka dalam serangan tersebut, salah satunya adalah dr. Arif Rachman yang tergabung dalam organisasi MER-C.-

Seminar yang berbentuk Dialog Interaktif ini dimulai Pukul 09.00 WIB sampai pukul 14.00 WIB diselingi dengan pemutaran flm tentang HPI yang dikeluarkan oleh IRC berlangsung dalam suasana yang sangat dialogis dan interaktif. Pertanyaan-pertanyaan keluar dan dijawab dengan cukup bagus dan tuntas oleh para narasumber.
Diakhir kegiatan, delegasi Bharega sempat berdialog langsung dan berkenalan dengan dr. Arif Rahman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s