STUDI BANDING PMR WIRA SMA N 7 PURWOREJO KE PMR SMA N 1 PURBALINGGA

Rabu, tanggal 15 Desember 2010, 30 anggota PMR SMA N 7 Kabupaten Purworejo didampingi 2 orang Pembina melakukan studi banding kegiatan Ekstra Kurikuler Palang Merah Remaja (PMR) ke PMR SMA N 1 Purbalingga/ Bhakti Remaja Ganesha

Rombongan datang menggunakan Bis Wisata pukul 09.00 WIB dan meninggalkan SMA N 1 Purbalingga pada pukul 12.45 WIB. Rombongan diterima oleh Waka Humas Drs. Tulus Kiswidagdo, M.Pd; Waka Kesiswaan Drs. Agung Suroso mewakili Kepala SMA N 1 Purbalingga yang tidak bisa hadir menerima Studi Banding, Pembina PMR Yuliani, S.Pd, dan guru-guru SMA N 1 Purbalingga.

Dalam sambutannya Waka Kesiswaan menyampaikan terima kasih atas kepercayaan SMA N 7 Purworejo kepada SMA N 1 Purbalingga untuk dijadikan obyek studi banding kegiatan PMR-nya, karena selama ini antara PMR SMA N 1 Purbalingga (Bharega)tidak pernah melakukan kontak dengan PMR SMA N 7 Purworejo.

Dalam pengantarnya, Pembina PMR SMA N 7 Purworejo menyampaikan harapannya agar setelah pulang dari Purbalingga, akan mendapatkan ilmu yang berguna bagi kegiatan PMR di SMA N 7 Purworejo yang memang secara kegiatan belum serapi dan sebagus PMR SMA N 1 Purworejo.
Kegiatan studi banding ini, meliputi acara :

  1. Paparan tentang PMR SMA N 1 Purbalingga oleh Pembina PMR Ibu Yuliani, S.Pd
  2. School Tour berupa perjalan di dalam lingkungan sekolah. Obyek yang dikunjungi adalah UKS, Kantin  Sehat, KebunTanaman Obat Keluarga (Toga), Green House dan Aula untuk kegiatan siswa.
  3. Workshop Even yaitu melakukan workshop singkat tentang materi PMR yang ingin diketahui oleh PMR SMA N 7 Purworejo, antara lain :
    • Workshop Keorganisasian PMR yang dijelaskan oleh Ketua PMR SMA N 1 Purbalingga Vienna Annisa D., di ruang Admnistrasi UKS
    • Workshop Remaja Sehat Peduli Sesama, di ruang perawatan UKS
    • Workshop Pertolongan Pertama & Workshop Evakuasi Korban di Aula SMA N 1 Purbalingga

Untuk workshop skill dan keterampilan (Remaja Sehat Peduli Sesama, Pertolongan Pertama dan Evakuasi Korban) di peragakan oleh Tim Korps Khusus (KS) Angkatan 10 PMR SMA N 1 Purbalingga dibawah koordinasi Instruktur Bharega Rukmawan Suci L., SE (Mas Wawan).

Dalam kesan dan pesan di akhir kegiatan Studi Banding, Pembina PMR SMA N 7 Purworejo menyampaikan kesan bahwa tidak salah jika PMR SMA N 7 Purworejo melakukan studi banding ke SMA N 1 Purbalingga, karena ternyata yang tampak dihadapannya ternyata lebih bagus dan lebih mengesankan dari yang diceritakan anak-anak PMR SMA N 7 Purworejo.

Bahwa PMR SMA N 1 Purbalingga sering dibicarakan oleh PMR SMA lain di luar kota Purbalingga adalah layak dan pantas karena kegiatan rutin, kegiatan insidental dan prestasi yang ditunjukkan tidak pernah terbayangkan sebelumnya akan sebanyak dan seinovatif yang diperlihatkan saat dikunjungi langsung.

Dan sekembalinya ke Purworejo, pola tata kelola organisasi PMR SMA N 1 Purbalingga/Bharega dan tata kelola latihannya ini akan coba diadopsi dan dipraktekkan di PMR di SMA N 7 Purworejo. Meskipun memang masih cukup jauh tingkat aktivitas dan prestasinya setidaknya SMA N 7 Purworejo sudah bisa mendapatkan sedikit ilmu ke-PMR-an yang diterapkan di SMA N 1 Purbalingga yang secara prestasi sudah mapan di level Jawa Tengah dan DIY.
Sekedar tahu saja, berdasarkan keterangan yang diperoleh dari Ketua PMR SMA N 7 Purworejo, ternyata pilihan studi banding ke PMR SMA N 1 Purbalingga / Bharega ini diputuskan setelah mereka melihat dan membaca Blog Bharegaeverafter milik PMR SMA N 1 Purbalingga dan informasi dari teman-teman PMR di daerah lain. Owwhhh..pantesan…

Yah..itulah efek positif dari perkembangan teknologi informasi….:)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s