Bukan Sekedar Musang Bharega

Setelah berlangsungnya kegiatan Orientasi Kader Kepemimpinan Intern Bharega (OKKIB) yang notabene adalah kawah candradimuka-nya anak-anak Bharega. Maka, proses regenerasi tidak berhenti sampai di situ, masih ada acara super penting lain yaitu Musyawarah Anggota.  Yap, Musang Bharega yang baru saja dilaksanakan pada tanggal 9-12 September 2012 ini pada dasarnya merupakan suksesi tampuk kepemimpinan Bharega.


Musang ini dihadiri oleh Waka. kesiswaan, Pembina teknis Bharega, perwakilan OSIS, perwakilan 2 orang dari kelas X, anggota Bharega kelas XI, dan anggota Bharega kelas XII. Acara di mulai dari jam 8 pagi dan berlangsung dengan antusias.

Tentu acara pemilihan kandidat ketua Bharega benar-benar menjadi acara yang di tunggu-tunggu dan tentu pertanyaan besar yang muncul adalah siapakah The Next Leader Bharega untuk satu tahun kedepan? Apakah Dian Artika, Palupi Asrining Adi, Pamoodya Handarweni Utami atau Tiara Galuh?

Adalah menjadi saat yang sangat mendebarkan ketika satu demi satu surat suara dibuka  dan dibacakan. Riuh tepuk tangan para anggota memeriahkan aula SMA N 1 Purbalingga mengiringi perhitungan surat suara tersebut.

Sssst, tetapi ada hal menarik yang terjadi pada Musang kali ini. Ternyata ada selisih satu suara di akhir perhitungan. Nah lho? Jadi permasalahannya tersebut berasal dari pemilih yang belum mengisi daftar hadir sehingga menyebabkan selisih. Suara tersebut tidak sah berdasar AD/ART Bharega.

Meski sebenarnya bisa saja panitia mengurangi satu suara terpilih dengan menanyakan kepada pemilih tersebut. Akan tetapi karena Musang Bharega menjunjung azaz jujur, adil, langsung, umum, bebas, dan rahasia (Jurdil dan Luber) maka tidaklah etis ketika panitia meminta untuk membuka suara seorang pemilih yang seharusnya bersifat rahasia.

Akhirnya setelah bermusyawarah dan mendengarkan beberapa pendapat dan tinjauan dari Pembina Teknis, OSIS, dan para pemilih maka diambil keputusan melakukan pemilihan ulang dengan waktu paling lambat satu pekan setelah acara tersbut berakhir.

Inilah yang pada akhirnya mas wawan, sebagai pembina teknis bharega, menyebut Musang kali ini bukan sekedar siklus demisioner-suksesi, akan tetapi ada pembelajaran besar untuk tetap menjunjung prinsip dan aturan yang ada.

Pemilihan ulang pada hari senin dan selasa tanggal 10 dan 11 September 2012. Tak mau kejadian kemarin terulang lagi, pemungutan suara yang kedua dilaksanakan dengan sangat hati-hati. Maka pertanyaan besar tersebut kemudian terjawab sudah. Keluarlah nama Pamoodya Handarweni Utami sebagai kandidat ketua terpilih.

Sorak sorai memecahkan keheningan saat suara terakhir di bacakan.WOW! What a wonderfull day! Setelah itu dilaksanakan sidang formatur untuk memilih pengurus Bharega dan hari berikutnya 12 September 2012 di laksanakan serah terima jabatan dari pengurus  Bharega periode 2011/2012 ke dalam pengurus Bharega periode 2012/2013. So, maka SAH lah kepengurusan anggota Bharega periode 2012/2013 (oleh: GyDeLa) SEAMO!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s