Pamoodya Handarweni Utami , It’s more than just a leader

IMG_4325 Di tengah-tengah kesibukannya, dia masih bisa menyempatkan waktu luang untuk melayani pertanyaan kami yang begitu banyak. Begitu menarik kisah gadis penyuka film 3 idiots ini. Sosoknya yang wibawa mulai menceritakan kisah awal ia masuk Bharega, yaitu karena ingin melajutkan ilmu kepalangmerahan yang ia tekuni sejak SMP. Menurutnya Bharega terkenal dengan event besarnya yaitu Bharega First Aid Invitation (BFAI).
Awal mula ia belajar memimpin dari event Musyawarah Anggota (MUSANG), saat itu ia terpilih menjadi wakil ketua panitia. Dan disaat yang bersamaan, ia terpilih menjadi kandidat ketua Bharega periode 2012/2013. Ia mendapatkan tantangan yang luar biasa. Karena selain menyiapkan event MUSANG, ia juga harus menyiapkan “alat tempur” untuk berorasi di depan adik kelas, teman – teman, kakak kelas, dan Pembina. Namun, ia besama 3 kandidat lainnya saling membahu dalam membuat poster, menyusun calon pengurus Bharega, dan visi misi. “Ibarat lawan tapi juga kawan” ujarnya.
Awalnya ia kaget terpilih menjadi kandidat ketua Bharega, karena menurutnya banyak teman – temannya yang jauh lebih pantas menjadi seorang calon pemimpin. Dia melihat itu karena telah setahun bersama teman – teman, dari situlah ia menilai kepemimpinan teman – temannya. Keberaniannya muncul dari mba Gita, mas Wawan dan ka Ivana. Mereka memberinya motivasi bahwa pemimpin adalah garda terdepan dan pemimpin itu tidak membusungkan dada, tetapi membungkukkan dada. Ia mengamati bagaimana mas Wawan dan ka Ivana berbicara sehingga mereka pun kini menjadi salah satu teladan hidupnya. Event yang paling disukainya adalah Orientasi Kepemimpinan Kader Intern Bharega (OKKIB), karena di event ini mas Wawan memberikan motivasi dan training yang membuatnya memiliki passion untuk memimpin teman – teman. Dari hobi membaca buku biografi pahlawan atau orang yang berpengaruh ia memiliki cara memimpin teman – temannya, yaitu dengan mengenali karakter dan watak individu tersebut, serta mendekatinya sehingga ia dapat mengkoordinir dengan baik.
Motivasi terbesarnya adalah kerja keras teman – temannya. Ia berpesan “Terus berjuang, kita di Bharega adalah satu unit bukan satu orang. Terus percaya diri dan yakin Bharega akan menjadikan kita generasi muda yang bertransformasi menjadi lebih baik”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s